THEGRIFFITHDC.COM – Kucing, sebagai salah satu sahabat terdekat manusia, sering kali menampilkan perilaku yang sulit dimengerti, termasuk kegemaran mereka pada rumput. Meskipun ini tampak tidak lazim bagi hewan yang secara alami merupakan pemangsa, sejumlah hipotesis telah diajukan untuk menjelaskan mengapa hewan ini kadang-kadang terlihat asyik mengunyah tumbuhan hijau tersebut. Artikel ini akan menelusuri berbagai alasan yang mungkin menjadi latar belakang kebiasaan unik pada kucing.

1. Fungsi Pembersihan Saluran Pencernaan

Para ahli sering kali berpendapat bahwa kucing mengkonsumsi rumput sebagai cara untuk membersihkan saluran pencernaannya. Kandungan serat pada rumput dapat membantu proses eliminasi hairball atau gumpalan bulu yang terbentuk dari kebiasaan kucing menjilati bulunya sendiri. Dengan demikian, serat bertindak sebagai agen pembersih yang memfasilitasi pergerakan hairball melalui sistem pencernaan.

2. Pemenuhan Nutrisi yang Tidak Tersedia dalam Diet Khas

Rumput mengandung elektrolit dan nutrisi tertentu yang mungkin kurang dalam diet karnivora kucing. Contohnya, rumput merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam folat yang esensial untuk proses metabolik dan peredaran darah. Kebutuhan akan asam folat ini mungkin menjelaskan mengapa kadang kucing terpikat untuk memakan rumput.

3. Warisan dari Leluhur

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa kebiasaan ini bisa jadi berasal dari perilaku leluhur kucing yang hidup di alam liar. Kucing-kucing liar mengonsumsi rumput untuk menghilangkan parasit dalam tubuh mereka. Meski kucing rumahan modern tidak banyak berhadapan dengan parasit, insting ini mungkin tetap melekat dalam diri mereka.

4. Mekanisme untuk Memicu Refleks Muntah

Kucing diketahui kadang makan rumput untuk memancing refleks muntah saat mereka merasa perlu membersihkan lambung dari materi yang tidak bisa dicerna. Proses muntah ini membantu mereka mengeluarkan zat-zat yang tidak diinginkan dari dalam tubuh.

5. Menanggulangi Kejenuhan

Seperti manusia yang mencari variasi dalam konsumsi makanan, kucing juga mungkin membutuhkan perubahan dalam rutinitas makan mereka. Rumput dapat menyediakan sensasi yang berbeda dan memenuhi kebutuhan mereka akan variasi.

6. Sumber Kelembapan Tambahan

Rumput yang baru saja dipangkas atau yang masih basah akibat embun pagi seringkali memiliki kandungan air. Ini dapat menjadi daya tarik bagi kucing, khususnya yang kurang gemar minum air, untuk memperoleh hidrasi tambahan.

7. Sifat Ingin Tahu yang Alami

Kucing adalah makhluk yang penasaran dan sering kali tergoda untuk mencicipi berbagai benda sebagai bagian dari tingkah laku eksploratif mereka. Makan rumput mungkin hanya salah satu cara mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu tersebut.

Walau ada berbagai teori yang mencoba menjelaskan perilaku makan rumput pada kucing, hingga kini belum ada kesepakatan ilmiah mutlak. Kebiasaan ini bisa jadi merupakan hasil gabungan dari beberapa alasan di atas. Penting bagi pemilik kucing untuk memastikan bahwa rumput yang dikonsumsi oleh peliharaannya aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Jika kucing menunjukkan gejala tidak biasa pasca mengonsumsi rumput atau terlihat makan rumput dengan jumlah yang berlebihan, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut guna menjamin kesehatan mereka tetap terjaga.

Related Post