THEGRIFFITHDC –┬áCalendula, yang dikenal juga dengan sebutan ‘marigold’ atau dalam bahasa Latinnya Calendula officinalis, adalah salah satu tanaman yang tak hanya dikenal karena kecantikannya tetapi juga karena beragam manfaatnya. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai tradisi pengobatan dan kecantikan, menjadikannya favorit tidak hanya di kalangan penggemar taman, tetapi juga praktisi kesehatan alami.

Profil Tanaman Calendula

Tanaman calendula merupakan anggota dari famili Asteraceae dan berasal dari wilayah Mediterania. Calendula tumbuh dengan subur di iklim yang hangat dan cukup matahari. Bunganya yang cerah dengan warna yang berkisar dari kuning hingga jingga cerah adalah ciri khas yang membuatnya mudah dikenali. Calendula tidak hanya indah, tetapi juga memiliki aroma yang menyenangkan.

Menanam Calendula

Calendula adalah tanaman yang relatif mudah ditanam dan dirawat. Berikut adalah beberapa langkah untuk menanam calendula:

  1. Penyemaian Benih:
    Benih calendula dapat disemai langsung di tanah setelah bahaya embun beku terakhir atau di dalam pot sebelum dipindahkan ke taman.
  2. Penyiraman:
    Tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur namun tidak berlebihan. Penting untuk memastikan tanah memiliki drainase yang baik.
  3. Pencahayaan:
    Calendula memerlukan sinar matahari penuh namun juga dapat tumbuh di tempat yang mendapat sinar matahari sebagian.
  4. Pemupukan:
    Meskipun tidak terlalu memerlukan banyak pupuk, penggunaan pupuk organik dapat membantu pertumbuhan bunga yang lebih subur.

Khasiat Calendula

  1. Pengobatan Kulit:
    Ekstrak calendula sering digunakan dalam krim dan salep untuk merawat kulit. Sifat antiinflamasi dan antimikroba membantu dalam penyembuhan luka, memar, dan iritasi kulit.
  2. Kesehatan Mulut:
    Karena sifat antiseptiknya, calendula sering digunakan dalam bilasan mulut untuk membantu mengurangi peradangan gusi dan sariawan.
  3. Penggunaan dalam Kuliner:
    Kelopak bunga calendula dapat dimakan dan sering digunakan sebagai pengganti saffron untuk memberi warna dan rasa dalam masakan.
  4. Penggunaan dalam Produk Kecantikan:
    Calendula telah lama digunakan dalam produk kecantikan, terutama karena kemampuannya untuk menenangkan kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Kesimpulan

Calendula bukan hanya tanaman hias yang menarik untuk dilihat, namun juga memiliki sejumlah besar manfaat yang bisa dinikmati. Dengan perawatan yang minimal, tanaman ini dapat memberikan Anda bunga yang indah dan manfaat kesehatan yang tidak ternilai. Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan, menanam dan memelihara calendula dapat menjadi cara yang bagus untuk menyediakan oase kedamaian dan kesehatan di rumah Anda sendiri.