THEGRIFFITHDC –┬áLumba-lumba Maui (Cephalorhynchus hectori maui) merupakan salah satu spesies lumba-lumba paling langka dan terancam punah di dunia. Hewan mamalia laut ini hanya dapat ditemukan di perairan dangkal di sepanjang pantai barat Pulau Utara Selandia Baru. Dengan populasi yang semakin menipis, lumba-lumba Maui menjadi pusat perhatian konservasionis dan pemerintah, berjuang untuk bertahan hidup di tengah ancaman yang kian meningkat.

Deskripsi dan Habitat:
Lumba-lumba Maui adalah subspesies dari lumba-lumba Hector, yang memiliki ciri khas dengan tubuhnya yang kecil dan sirip punggung melengkung. Panjang mereka biasanya tidak lebih dari 1,7 meter dengan berat mencapai 50 kilogram. Mereka memiliki warna abu-abu gelap dengan bagian perut yang lebih terang, serta pola yang unik di sekitar moncong mereka yang menyerupai senyuman.

Lumba-lumba ini lebih memilih perairan dangkal yang tidak melebihi kedalaman 20 meter dan seringkali ditemukan tidak jauh dari pantai. Habitat ini sangat penting bagi mereka untuk mencari makan, bereproduksi, dan membesarkan anak-anak mereka.

Populasi dan Status Konservasi:
Menurut data terkini, populasi lumba-lumba Maui diperkirakan hanya tersisa sekitar 63 individu yang telah dewasa. Status konservasi mereka sangat mengkhawatirkan, dengan klasifikasi sebagai “Kritis” oleh IUCN Red List dan berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi spesies ini dari kepunahan.

Ancaman Utama:
Kematian akibat terperangkap dalam jaring ikan menjadi salah satu ancaman terbesar bagi lumba-lumba Maui. Selain itu, polusi, perubahan habitat akibat aktivitas manusia, dan dampak pemanasan global juga berkontribusi terhadap penurunan jumlah populasi mereka. Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian habitat laut dan peraturan ketat terhadap aktivitas perikanan dihabitatnya menjadi langkah penting dalam upaya pelestarian.

Upaya Pelestarian:
Pemerintah Selandia Baru bersama dengan berbagai organisasi konservasi telah mengambil langkah-langkah seperti pembatasan penangkapan ikan dengan jaring di sepanjang pantai barat Pulau Utara, penelitian dan monitoring populasi, serta peningkatan kesadaran publik mengenai pentingnya melindungi lumba-lumba Maui.

Kesimpulan:
Lumba-lumba Maui adalah simbol penting dari keanekaragaman hayati maritim dan keindahan alam Selandia Baru. Upaya konservasi yang terus menerus dan dukungan dari masyarakat internasional sangat diperlukan untuk memastikan bahwa generasi mendatang masih dapat menyaksikan kehadiran makhluk luar biasa ini di lautan. Kita semua memiliki peran dalam melindungi lumba-lumba Maui dari ancaman kepunahan dan memastikan bahwa mereka terus berenang bebas di perairan Selandia Baru.